Home / Bussines / StartUp / 5 Tahap dalam Product-Market Fit Startup

5 Tahap dalam Product-Market Fit Startup

 

Product Market Fit (PMF) merupakan fase penting bagi startup. Ketika fase ini tercapai, produk yang dijual akan diterima oleh masyarakat luas. Namun, mencapai PMF bukanlah tugas yang mudah. Oleh karena itu, pemilik startup membutuhkan tips yang baik untuk mencapai tahap ini.

Apa itu ProductMarket Fit?
Productmarket Fit biasanya digambarkan sebagai fase awal bagi konsumen untuk membeli, menggunakan produk dan layanan, membagikan produk ini dalam jumlah yang cukup, dan menjangkau komunitas yang lebih luas.
Ini tentu membantu meningkatkan penjualan dan pertumbuhan startup. Konsep atau fase adaptasi pasar produk dikembangkan oleh Marc Andreessen dari Amerika Serikat. Menurutnya, fase startup ini merupakan prasyarat jika perusahaan sudah berada di pasar dan produk yang ditawarkan tepat sasaran pelanggan. Contoh startup
yang mencapai fase PMF adalah ketika seorang pelanggan secara tidak langsung menjadi penjual produk yang ditawarkan. Pengalaman ini dapat diperoleh ketika pelanggan mendapatkan keuntungan dari menggunakan produk.

Pentingnya Startup untuk Mencapai ProductMarket Fit
ProductMarket Fit merupakan bagian penting dari perkembangan perusahaan, khususnya startup. Karena sampai tahap peluncuran ini, kami tidak tahu apakah produk yang kami gunakan dapat menyelesaikan masalah yang dibutuhkan masyarakat luas. Jika
startup tidak mencapai tahap ini, kemungkinan besar ia menawarkan produk di pasar tanpa mengetahui kebutuhan orang-orang di sana. Secara tidak langsung, ini bisa menjadi kerugian besar karena uang tetap dihabiskan tetapi tidak menghasilkan keuntungan besar.

Lima Kunci Utama untuk Mencapai ProductMarket Fit Untuk mencapai tahap startup ProductMarket Fit,

Anda perlu mengetahui lima kunci utama berikut.
1.Jalankan pengujian pasar sesegera mungkin

Kesalahan paling fatal bagi startup adalah pengujian yang memakan waktu terlalu lama. Apakah pasar menerima produk yang ditawarkan. Sebaliknya, jika market test terlalu lama, maka tidak akan mencapai tahap PMF.
Jika model bisnis startup yang Anda kembangkan berbasis langganan, Anda perlu menawarkan harga langganan yang ideal kepada pelanggan Anda, dan jangan lupa untuk mengevaluasi umpan balik Anda.

2. Jalankan uji A / B
Hadir dengan fitur-fitur baru dengan harapan menarik lebih banyak pelanggan adalah bagian penting dari pengembangan produk. Namun, ini juga dapat mengalihkan perhatian dari penawaran utama perusahaan rintisan. Untuk itu diperlukan pengujian A/B untuk menghitung efek sebenarnya dari sifat produk sehingga fase PMF dapat dengan mudah dicapai.

3.Dengarkan umpan balik pengguna
Memahami audiens target Anda adalah cara terbaik untuk mencapai tahap awal Productmarket-fit. Ketahui, pahami, dan analisis kebutuhan, harapan, dan harapan mereka terhadap produk yang Anda tawarkan.

4.Kustomisasi produk
Buat fitur baru yang melengkapi solusi utama Anda melalui kustomisasi produk. Pelanggan sering mengakses pembaruan untuk produk yang mereka jual. Ini juga merupakan indikator bahwa startup telah mencapai fase startup productmarketfit.

5.Fokus pada pengembangan power user
Sangat penting untuk mengetahui siapa power user (pelanggan setia). Setelah mengetahui siapa pengguna listrik, kami akan fokus untuk memperluas segmen tersebut dengan mengembangkan produk baru yang memenuhi kebutuhan masyarakat luas. Artinya, fase PMF akan segera tercapai. Mengingat pentingnya Fase Adaptasi Pasar Produk
, lima kunci di atas akan membantu para pendiri mencapai Fase PMF. Dengan mencapai fase PMF, Anda dapat lebih mengembangkan startup Anda dan memberikan solusi yang tepat untuk komunitas Anda.

Check Also

Gunakan GMV (Gross Merchandise Value) untuk mengukur pertumbuhan ekonomi startup

  Startup dianggap sehat dan dimungkinkan jika terus berkembang. Pertumbuhan ini perlu finansial dan juga …

Watch Dragon ball super