Home / Information Technology / Operating System / belajar Lisensi SQL Server

belajar Lisensi SQL Server

,sql

SQL Server adalah produk database server yang dibuat oleh Microsoft, ada 2 edisi pada SQL Server 2014 yaitu SQL Server Standard, SQL Server Business Intelligence dan SQL Server Enterprise. Pada tulisan kali ini akan dibahas mengenai lisensi Microsoft SQL Server.

  • SQL Server Enterprise ditujukan untuk data warehouse dan ideal untuk applikasi yang bersifat mission critical.
  • SQL Server Standard ditujukan untuk database dasar, reporting dan analytics

fitur SQL Server
fitur SQL Server

Lisensi Microsoft SQL Server

SQL Server Standard memiliki 2 tipe lisensi yaitu : Server + CAL dan Core Processor. Sedangkan SQL Server Enterprise hanya memiliki 1 tipe lisensi yaitu : Core Processor.

Dengan menggunakan lisensi Server + CAL maka untuk setiap 1 server (baik fisik maupun virtual) yang dipasangkan SQL Server Standard harus dibelikan 1 lisensi SQL Server 2017 dan untuk setiap device atau user yang mengakses SQL Server tersebut baik secara langsung maupun tidak langsung (multiplexing), maka harus dibelikan Device atau User CAL.

Sedangkan untuk tipe lisensi Core Prosessor dengan skema ini perhitungan dilakukan dengan menghitung core processor fisik atau core processor virtual. Dengan mempergunakan perhitungan Core Processor anda tidak perlu lagi membeli SQL Server CAL, karena SQL Server Core Processor sudah termasuk lisensi untuk unlimited Client. Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menghitung jumlah core yang perlu dibeli pada server fisik adalah sebagai berikut :

Hitung jumlah core yang ada pada 1 prosessor fisik kemudian dikalikan dengan core factor (terlampir pada tabel dibawah ini :

core factor lisensi microsoft sql server

Hasil perhitungan dikalikan dengan jumlah processor fisik yang ada pada 1 server tersebut

Satu lisensi SQL Server Core Pack Prosessor mencakup 2 core, sehingga total perhitungan pada nomor 2 dibagi dengan dua menghasilkan total jumlah lisensi SQL Server Core Pack Processor yang harus anda beli.

Beberapa contoh perhitungan sebagai berikut :

  1. Anda memiliki sebuah server dengan dual core prosessor sebanyak 2 prosessor, maka perhitungannya adalah : 2 Core x 2 (core factor ) sama dengan 4 dan dikalikan dengan 2 prosessor sama dengan 8 Core, kemudian dibagi 2 sama dengan 4 lisensi SQL Server Core Pack Processor yang harus anda beli.
  2. Anda memiliki sebuah server dengan 6 core prosessor (Intel) sebanyak 4 prosessor, maka perhitungannya adalah : 6 core x 1 (core factor) sama dengan 6 dan dikalikan dengan 4 prosessor sama dengan 24 Core, kemudian dibagi 2 sama dengan 12 lisensi SQL Server Core Pacl Processor yang harus anda beli

Untuk perhitungan SQL Server Core Processor yang dipasang pada Virtual Machine memiliki 3 perhitungan yaitu untuk SQL Server Standard, SQL Server Enterprise dan SQL Server Enteprise + Software Assurance. Kita akan membahas ini satu persatu

  1. SQL Server Standard Core Processor

Sama seperti dengan perhitungan pada server fisik, seluruh virtual core yang di berikan kepada virtual machine yang menjalankan SQL Server Standard Core Processor harus dilisensikan. Anda harus membeli 1 core license untuk setiap V-Core yang anda alokasikan pada Virtual Machine tersebut dengan pembelian minimum 4 core license untuk 1 Virtual Machine. Jadi jika pada 1 Virtual Machine hanya dipasangkan 1 atau 2 atau 3 v-core maka tetap harus membeli 4 core license sebagai syarat pembelian minimum. Sebagai contoh, jika anda ingin memasang SQL Server Standard di dua buah Virtual Machine, dimana masing – masing Virtual Machine memiliki 2 V-Core, maka anda harus membeli 8 Core License ( 2 x 4 core license sebagai pembelian minimum)

  1. SQL Server Enterprise Core Processor

Pada SQL Server Enterprise Core Processor anda memiliki flexibiltas untuk melakukan lisensi pada virtual machine, dengan membeli core license sebanyak jumlah core processor fisik pada server anda, maka anda boleh memasang SQL Server di Virtual Machine sejumlah core processor fisik pada server anda. Sebagai contoh, jika server anda memiliki 1 prosessor fisik dengan 8 core, maka jika anda membeli SQL Server Enterprise sebanyak 8 core license, maka anda boleh memasang SQL Server pada maksimum total 8 vCore (1 VM dengan 8 vCore / 2 vM dengan masing – masing 4 vCore / berbagai opsi kombinasi lain, jika di totalkan maksimum 8 vCore).

  1. SQL Server Enterprise Core Processor + Software Assurance

Salah satu opsi jika anda memiliki kebutuhan SQL Server pada cukup banyak Virtual Machine, maka ada 1 opsi yang lebih efektif, yaitu jika anda melisensikan semua core processor fisik pada server anda dengan SQL Server Enteprise Core Processor kemudian ditambahkan Software Assurance, maka anda bisa memasang SQL Server pada unlimited Virtual Machine pada server tersebut. Sebagai contoh, jika server anda memiliki 1 prosessor fisik dengan 8 core, maka jika anda membeli SQL Server Enterprise sebanyak 8 core license ditambahkan dengan Software Assurance, maka anda boleh memasang SQL Server pada unlimited Virtual Machine pada server tersebut (total jumlah vCore boleh lebih dari 8 vCore).

SQL Server yang dibeli dengan Software Assurance memiliki hak untuk memasang satu SQL Server lagi sebagai fail over pasif, pasif dalam artian di set “not readable”. Jika SQL Server Fail Over di set “readable” atau menjalankan workload lain atau dijadikan Fail Over dari server lain, maka harus dibelikan lisensi SQL Server tambahan.

credit :http://www.belajarlisensi.id/lisensi-microsoft-sql-server/

Check Also

Materi perkulihaan Sistem Operasi Untuk mahasiswa Galau

Hai Para Nitizen Berikut Materi perkulihaan Sistem Operasi Windows Untuk mahasiswa Galau Silahkan diunduh ,dibaca dan …

Watch Dragon ball super