Home / Information Technology / Operating System / belajar Lisensi Microsoft CAL

belajar Lisensi Microsoft CAL

Microsoft menawarkan dua lisensi Microsoft Client Access License Suites, lisensi Microsoft Core CAL Suite, dan lisensi Microsoft Enterprise CAL Suite, yang menyediakan hak akses ke sejumlah produk server dan layanan online. Enterprise CAL Suite mencakup semua komponen Core CAL Suite. Ini berarti pelanggan yang tertarik dengan komponen yang terdapat di Enterprise CAL Suite tidak perlu melisensikan Core CAL Suite dan Enterprise CAL Suite. Pelanggan dapat memperoleh dimulainya Enterprise CAL Suite atau sebagai lisensi tambahan dari Core CAL Suite.

 

CAL Suite adalah satu lisensi yang memberikan hak penggunaan yang setara dengan beberapa lisensi. Seperti CAL lainnya, CAL Suites dapat dilisensikan baik per Device maupun per User. CAL Suites menyederhanakan perizinan dan pelacakan dengan mengurangi jumlah lisensi yang diperlukan untuk mengakses server Microsoft. CAL Suites juga dapat memberikan harga yang lebih menarik daripada memberi lisensi komponen setara satu per satu. Namun, karena CAL suite adalah satu kesatuan maka masing – masing CAL yang terdapat didalamnya tidak dapat dibagi di antara lebih dari satu Device atau User.

 

 

Penggunaan CAL Suites

CAL Suites terkadang memberikan hak penggunaan yang setara dengan lisensi yang bukan CALs. Misalnya, Enterprise CAL Suite memberikan hak atas beberapa produk server manajemen dan beberapa langganan layanan online. Dalam semua kasus, di bawah CAL Suite, hak penggunaan pelanggan sehubungan dengan produk atau layanan online tertentu sama seperti jika komponen itu dilisensikan secara terpisah. Satu-satunya pengecualian adalah bahwa pilihan per pengguna dan per-perangkat tersedia di CAL Suites meskipun kedua opsi tersebut tidak tersedia di luar suite. Misalnya, Microsoft System Center Configuration Manager 2012 memiliki hak penggunaan per perangkat sebagai bagian dari Core CAL Suite dan Enterprise CAL Suite, meskipun ditawarkan dengan lisensi lingkungan sistem per operasi secara individual.

 

 

CAL Suites tidak memiliki versi, dikarenakan masing – masing CAL dapat berubah versinya di saat yang tidak bersamaan,  sehingga CAL Suites hanya ditawarkan dengan Software Assurance, dan karenanya memberi konsumen hak untuk menggunakan versi terbaru dari setiap produk di suite ini. Jika customer tidak memperpanjang Sofwtare Assurance nya maka hak penggunaan versinya ditentukan oleh versi terbaru produk yang berlaku sampai masa Sofwtare Assurance berakhir. Misalnya jika Sofwtare Assurance untuk Core CAL Suite kadaluarsa pada tanggal 1 Desember 2017, pelanggan memiliki hak perpetual dengan komponen Core CAL Suite versi terbaru sejak tanggal tersebut. Pelanggan ini tidak memiliki hak atas versi komponen yang dirilis setelah 1 Desember 2017, atau produk ditambahkan ke CAL Suite setelah tanggal tersebut. Perhatikan bahwa komponen berlangganan dari CAL suite akan kedaluwarsa jika Software Assurance tidak diperpanjang.

 

Tipe CAL Suites

Core CAL Suite terdiri dari :

  • Windows Server CAL
  • SharePoint Server Standard CAL
  • Exchange Server Standard CAL
  • System Center Configuration Manager Client Management License
  • System Center Endpoint Protection Client Management License
  • Skype for Business Server Standard CAL

 

Enterprise CAL Suite terdiri dari :

  • Semua komponen Core CAL Suite
  • Exchange Server Enterprise CAL with Services*
  • Exchange Online with Archiving for Exchange Server
  • SharePoint Server Enterprise CAL
  • Skype for Business Server Enterprise CAL
  • Windows Server Active Directory Rights Management Services CAL
  • Advanced Threat Analytics Client Management License
    *)Termasuk Data Loss Prevention and Exchange Online Protection

Check Also

Materi perkulihaan Sistem Operasi Untuk mahasiswa Galau

Hai Para Nitizen Berikut Materi perkulihaan Sistem Operasi Windows Untuk mahasiswa Galau Silahkan diunduh ,dibaca dan …

Watch Dragon ball super