Breaking News
Home / Information Technology / Application / Gadis Asal Kebumen Ciptakan Aplikasi Tandingan WhatsApp

Gadis Asal Kebumen Ciptakan Aplikasi Tandingan WhatsApp

Berkenalan sekilas dengan Novi Wahyuningsih tidak akan mengira bahwa gadis asal Kebumen itu adalah seorang pengusaha sekaligus programer handal. Penampilannya yang tidak neko-neko dan sikapnya yang ramah lebih menunjukkan dia seperti perempuan desa pada umumnya.

Di usia 25 tahun, Novi merupakan Direktur Utama di sejumlah perusahaan IT (Teknologi Informasi) yang didirikannya. Sebut saja PT Wahyu Global Abadi, PT Rise Solution International, dan PT Callind Network International. Sejumlah produk IT telah ditelurkan, salah satunya adalah Callind. Aplikasi media sosial ini hampir mirip dengan WhatsApp, BBM, dan Telegram yang memungkinkan kita melakukan chat privat, broadcast message, kirim foto, telepon, hingga video call.

Meski belum diluncurkan secara resmi, tapi aplikasi ini sudah dapat diunduh di Play Store. “Aplikasi ini akan resmi diluncurkan berbarengan dengan peresmian kantor di Jakarta pada November mendatang,” kata Novi Wahyuningsih saat berbincang dengan SINDONews.com, Selasa (19/9/2017).

Callind sebenarnya bukan aplikasi chatting pertama yang dibuat Novi. Di bawah perusahaan Global Century Limited yang berbasis di Malaysia, Novi mengembangkan MeoTalk pada awal 2015. Layaknya media sosial lain, seperti WhatApp dan BBM, pengguna aplikasi ini juga bisa mengobrol dengan tulisan, suara, dan video. Aplikasi ini juga menawarkan uang virtual, G-Point yang bisa dibelanjakan di toko yang telah bekerja sama.

Menyusul keberhasilan aplikasi pesan ini di Negeri Jiran, pada Desember 2015 Novi kemudian ditunjuk sebagai CEO MeoTal Indonesia yang bertugas mengembangkan aplikasi chatting itu di Tanah Air. Waktu itu, peluncuran digelar di Yogyakarta dan diikuti oleh beberapa perwakilan MeoTalk dari negara lain.

Gadis kelahiran Kebumen tersebut ingin mengembangkan diri tanpa terikat dengan pihak lain. Aplikasi MeoTalk ciptaannya telah dilepaskan kepada perusahaan yang menaunginya terdahulu. Kini dia fokus pada Callind yang diklaimnya sebagai aplikasi chatting buatan asli Indonesia. Dia berharap, Callind bisa diterima oleh masyarakat Indonesia dan dunia.

Spekulatif

Kesuksesan Novi tidak didapat begitu saja. Sejak kuliah semester 2 D3 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM, anak pasangan Darman,52, dan Rasmi,45, ini mulai mengikuti bisnis Multi Level Marketing (MLM). Motor kesayangannya dijual Rp3 juta untuk menjalankan bisnis tersebut. Berkat ketekunannya, Novi berada di jajaran atas MLM tersebut hanya dalam waktu delapan bulan. Namun setelah itu, gadis berhijab ini memutuskan berhenti karena sistem bisnis MLM tersebut tidak sesuai dengan hati nuraninya.

“Tapi saya akui dari sini pertama kali belajar bisnis. Saya yang tadinya pendiam dan hanya fokus nilai cumlaude di kampus akhirnya mulai belajar leadership dan marketing,” tutur Novi yang menyesaikan pendidikan sarjananya di STIE Putra Bangsa Bekasi.

Novi kembali fokus kuliah setelah sempat berantakan gara-gara mengikuti bisnis MLM. Dia tekun belajar sambil bekerja untuk menutupi kekurangan kiriman orang tua yang hanya Rp200.000 per bulan. “Pagi sampai sore kuliah, malamnya saya kerja di warnet,” tuturnya tersenyum. Dari kerja menjadi penjaga warnet inilah Novi mulai belajar trading, membuat blog, website, dan sedikit menjadi hacker.

Gadis warga Tepakyang, Kecamatan Adimulyo, Kebumen ini cukup spekulatif. Dia lagi-lagi berani menjual laptopnya Rp3 juta untuk bermain trading forex dan valas secara online. Namun berkat ilmu yang telah dikuasai, modalnya berkembang menjadi Rp25 juta.

Kehidupan Novi bukan tak pernah mengalami kegagalan. Peraih gelar Magister Manajemen dari Universitas Bina Nusantara Jakarta ini tak terpilih menjadi anggota DPR pada Pemilihan Legislatif 2014 lalu. Salah satu caleg termuda waktu itu gagal mendapatkan suara maksimal dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah VII (Kebumen, Purbalingga, Banjarnegara). Apakah Novi kapok? Menurutnya, untuk saat ini dia nyaman dengan bisnis yang sedang digeluti. “Setelah perusahaan bagus, baru masuk politik,” ujarnya

 

Fitur atau layanan yang tersedia di aplikasi callind dan bagaimana menggunakannya :

 1. Layanan Broadcast chat

Fitur broadcast chat memungkinkan pengguna callind untuk melakukan chat dengan lebih dari satu pengguna sehingga mempermudah pengguna tersebut untuk melakukan pengiriman pesan dengan orang orang tertentu yang telah dipilih tan ribet melakukannya satu persatu. untuk menggunakan fitur broadcast chat pada callind cukup tekan broadcast chat dan pilih kontak yang anda inginkan dengan cara memberikan tanda centang pada kontak tersebut yang anda ingin kirimi pesan.

2. Layanan private chat

Selain disediakan fitur broadcast chat callind juga melengkapi aplikasinya dengan fitur private chat. fitur ini memungkinkan pengguna callind untuk berkirim pesan secara private tanpa diketahui pengguna lain. Dengan memanfaatkan layanan ini anda dapat mengatur berapa lama pesan anda akan terhapus secara otomatis dengan cara menyeting waktu sesuai dengan yang anda inginkan dengan menekan tanda gambar timer dibawah papan chat callind. dengan bagitu tak akan ada lagi orang yang tau pesan apa yang anda baru kirimkan kepada lawan ngobrol anda di callin. menarik kan?? Untuk menggunakannya cukup tekan menu private chat dan pilih kontak yang anda inginkan untuk diajak chat secara private.

3. Look user

fasilitas look user ini sama seperti fitur look around pada aplikasi wechat. fitur look user ini berfungsi untuk melihat siapa saja pengguna callind yang ada disekitar anda. Untuk menggunakan fitur look user pada aplikasi callind penggguna diharusnkan untuk menyalakan GPS guna mendeteksi lokasi anda saat ini dan memudahkan aplikasi untuk mendeteksi pengguna yang ada di sekitar. untuk melakukan pencarian orang melalui callind cukup dengan menekan menu look user. hasil pencarian look user akan menampilkan id pengguna beserta photo profil callind dan dilengkapi dengan jarak perkiraan dengan user pencari. dari hasil pencarian look usr kita bisa mengirim pesan, panggilan ataupun video call secara langsung tanpa menunggu konfirmasi dengan pengguna yang bersangkutan.

4. Free call atau panggilan gratis callind

Layanan telepon gratis atau free call callind sangat berguna untuk mengurangi pengeluaran pulsa saat melakukan panggilan. fitur ini tidak berbeda dengan fitur yaang tersedia di whatsapp, BBM, facebook, dan aplikasi sejenis lainnya. dalam melakukan aktifitas panggilan pengguna tidak akan kehilangan pulsa regular karena layanan ini memanfaatkan internet data sebagai medianya. Untuk memulai melakukan panggilan cukup tekan tanda telepon pada kontak yang anda ingin panggil.

5. Video call callind

Melakukan video call bukanlah suatu hal yang susah seperti awalmula munculnya layanan 3G pada smartphone. sekarang pengguna smartphone dapat melakukannya tanpa harus memikirkan pulsa. dengan menggunakan aplikasi callind ini telah tersedia fitur panggilan video yang hanya mengandalkan data internet sehingga anda dapat menekan pengeluaran pulasa regular anda saat melakukan video call. anda akan terpuaskan saat melakukan panggilan video karena anda akan bertatap langsung dengan lawan bicara anda. Betapa teknologi callind tak kalah dengan aplikasi luar negeri seperti whatsapp, line ataupun BBM. Untuk memulai panggilan video anda cukup menekan tombol video call yang bergambar kamera dipojok kanan atas.

6. Share location

Fitur share location memungkinkan pengguna callind untuk mengirimkan lokasi pada waktu tertentu saat chatting dengan lawan chatnya dan mempermudah pengguna lainnya mengetahui lokasi yang dimaksud oleh pengguna lainnya. untuk menggunakan layanan ini cukup tekan tanda lokasi dibawah papan pesan anda  maka akan secara otomatis mengirimkan lokasi anda saat ini. agar lokasi anda akurat pastikan anda telah menyalakan GPS pada smartphone anda.

7. kirim file berupa foto, dokumen, dan suara (rekaman).

Pada saat anda melakukan chat anda dipermudah dengan tersedianya fitur yang memungkinkan pengguna callind untuk mengirim foto, dokumen, atau pesan suara kepada lawan chatting anda. hal ini sangat membantu pengguna callind untuk berdiskusi lebih jauh tanpa harus mempermasalahkan jarak dan lokasi yang berbeda.

8. Memasang iklan melalui menu advertise

Fitur pasang iklan di callind menurut saya adalah salah satu fitur yang paling berbeda dengan aplikasi serpa lainnya. Fitur ini belum pernah saya dapati dari aplikasi lain yang memungkinkan untuk penggunanya memasang iklan secara gratis. Untuk meliihat iklan yang ada dan telah dipasang di callind kita hanya perlu mengklik menu advertise dan untuk memasang iklan kita klik saja tanda + pada pojok kanan bawah. setelah itu masukkan nama produk, deskripsi produk,  harga, kategoriserta kata kunci untuk ikan anda. jangan lupa juga untuk menanmbahkan image atau gambar dari produk yang anda promosikan dengan cara mengklik gambar berbentuk kamera bertuliskan add image untuk menarik minat pengguna lain agar membuka iklan anda. Setelah selesai cukup klik save.

Dengan banyaknya fitur menarik yang telah disediakan callind semoga akan lebih banyak lagi pengguna yang memakai callin sebagai alat komunikasi agar callind semakin maju dan berkembang. Mengharumkan Nama kebumen dan tentunya indonesia pada umumnya.

About admin

Check Also

Pesaing baru Whatsapp dari raksasa google

Jumat (23/9/2016) di sebuah portal berita kompas memberitakan pesaing baru whatsapp yaitu ALLO besutan raksasa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Watch Dragon ball super